Kekosongan Pejabat Wakil Gubernur Papua Hendaknya Disikapi oleh Berbagai Pihak Dengan Memilih Pengganti Tokoh Papua yang Banyak DiDukung Masyarakat

Jarrakpospapua.com. Kekosongan Pejabat Wakil Gubernur Papua disikapi oleh Ketua “Forum Pemuda Peduli Ones Pahabol for Wagub Papua” Fransiskus Takimai mendukung mendukung Ones Pahabol sebagai Wakil Gubernur Papua karena dinilai memiliki sepak terjang yang menjanjikan selama memimpin Kabupaten Yahukimno.

“Beliau (Ones Pahabol) sudah terbukti
memberikan dampak positif di Kabupaten
Yahukimo selama dua periode menjabat bupati,” kata Fransiskus kepada wartawan di Abepura, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Selasa (21/6/2021).

“Ones Pahabol menurut kami cukup pantas
disandingkan bersama Gubernur Papua Lukas Enembe guna menjalankan roda pemerintahan saat ini” ujarnya.

Di tataran masyarakat ada sepuluh tokoh yang santer diperbincangkan.

Para sosok ini dinilai memiliki peluang untuk menggantikan Klemen Tinal sebagai Wakil Gubernur Papua diantaranya mantan Bupati Yahukimo, Ones Pahabol.

Kemudian adik kandung mendiang Klemen Tinal yang juga anggota DPRP Papua, Yanzen Tinal, Bupati Mamberamo Raya Jhon Tabo.

Selanjutnya, mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) dan Anggota DPR Papua Jansen Monim, mantan anggota DPR RI asal Golkar Paskalis Kossai, Bupati Mimika Eltinus Omaleng.

Kemudian, Ketua DPRD Kota Jayapura Abisai Rollo, politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) Jhony Banua Rouw.

Terakhir, muncul dua nama dari kalangan eksternal yang disebut-sebut layak menggantikan posisi almarhum Klemen Tinal.

Mereka yakni Kepala Badan Intelkam Mabes Polri yang juga putra Papua,
Komjen Polisi Paulus Waterpauw, serta Wakil Menteri PUPRP,Khon wempi Watipo

Ones Pahabol yang bernama lengkap DR. Ones Pahabol, SE, MM adalah mantan Bupati Kabupaten Yahukimo dua periode.

Ones sebelumnya juga telah mendapat dukungan dari Ketua Umum Pemuda Tabi Saireri, Jack Puraro yang dalam keterangan persnya, Senin (14/6) mengatakan sosok Ones Pahabol mampu menggantikan almarhum Klemen Tinal karena dinilai mampu memahami mekanisme kerja
birokrasi pemerintahan dan tugas-tugas
pelayanan publik karena telah mengabdi sebagai Bupati Yahukimo selama 2 Periode secara berturut-turut dan selama itu Yahukimo dan sangat aman dan terkendali.

Jack menambahkan Ones juga memiliki
kepemimpinan kuat aktif, kreatif namun tenang karena telah melalui proses sebagai pemimpin serta mempunyai kemampuan bekerja sama dengan berbagai lembaga dan elemen masyarakat serta menguasai pekerjaannya secara profesional, jujur dan mandiri dan tidak pernah sedikitpun tersirat untuk menggunakan peluang memakai posisi dan koneksinya untuk kepentingan pribadi.

Sosoknya juga terbuka menerima masukan dan sabar mendengar pendapat orang lain dengan sangat teliti dan berhati-hati dalam
menyimpulkan apa yang telah didengar sehingga sosoknya yang memiliki kapasitas dan kapabilitas yang layak untuk menduduki posisi anggota wakil Gubernur Papua. (Red)

 

 

Sumber : Jarrakpos Official
Editor : Kurnia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here