Mon. Nov 30th, 2020

Deklarasi Wujudkan Papua Barat Aman Dan Damai

2 min read

MANOKWARI – JARRAKPOSPAPUA – COM.

Forkopimda Provinsi Papua Barat bersama Tokoh Adat, Perempuan,Tokoh Agama, Organisasi kemasyarakatan mendeklarasikan Papua Barat cinta Damai, dengan menolak tindakan anarkisme menjelang Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Deklarasi Damai itu berlangsung di Aula Mapolda Papua Barat yang dihadiri oleh Gubernur Papua Barat, Kapolda Papua Barat, Pangdam XVIII Kasuari, DPR Papua Barat dan bersama elemen masyarakat di Manokwari, Sabtu (17/10/2020).

“Bagi siapapun yang tinggal Tanah Papua wajib menjaga kedamaian, kita mau hidup rukun, damai di atas tanah ini,”ucap Gubernur

Gubernur mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan tindakan kekerasan dan aksi – aksi anarkisme.

“Tanah ini telah berkati, kita tidak ingin ada tindakan anarkis, kekerasan dan pembakaran di tanah ini lagi” tegasnya.

“Saya mengajak seluruh lapisan komponen masyarakat, mari tolak tindakan anarkis, kita mau hidup rukun dan damai tanpa ada gesekan konflik di masyarakat” harapnya.

Disisi lain, Gubernur meminta masyarakat Manokwari harus menjadi panutan dan teladan bagi masyarakat di Kabupaten Kota yang lain.

“Manokwari merupakan kota Injil, sekaligus sebagai ibu kota Provinsi Papua Barat maka harus menjadi tolak ukur pembangunan di kabupaten/Kota di Papua Barat,” ujar Gubernur sembari mengingatkan masyarakat untuk tidak mengulangi kejadian 19 Agustus 2019 silam.

Dibutuhkan komitmen semua pihak untuk bersama menjaga Papua Barat aman, damai dan kondusif,” pungkasnya.

Selanjutnya Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Tornagogo Sihombing menegaskan, Polri bersinergis terus TNI dan komponen di Papua Barat guna mengantisipasi ganggaun keamanan.

“Kita tidak ingin Papua terjadi gejolak lagi seperti tahun lalu, harapannya Papua Barat damai bagi semua orang,”ucap Kapolda

Menurut Kapolda, semua masalah bisa diselesaikan lewat mekanisme yang diatur berdasarkan undang- undang. Silakan saja sampaikan aspirasi, tanpa harus merusak fasilitas publik maupun aksi pembakaran,” imbuhnya.

Kapolda minta seluruh masyarakat di Papua Barat membantu Aparat TNI dan Polri bersama menjaga stabilitas keamanan agar tetap kondusif.

“Mari kita hidup saling berdampingan, bersatu membangun Papua Barat, yang aman dan tentram tanpa konflik,”harapnya.

 

Dikutip Dari : ARFAKNEWS
Editor : Kurnia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *