BeritaInternasionalKesehatanNasional

Karyawan PT Freeport di Serang Covid-19

jarrakpospapua.com – PT Freeport Indonesia mengumumkan bahwa karyawannya terserang Virus Corona, sebelumnya karyawan PT Sampoerna yang dinyatakan terkena virus Corona . Dikawasan penambangan emas terbesar di Indonesia itu di duga ada 51 orang yang terkena virus Corona.

“Dari jumlah 51 orang sebanyak sembilan orang dirawat di RS Tembagapura, Distrik Tembagapura, sedang lainnya dilakukan isolasi mandiri,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Mimika dr. Raynold Ubra di Jayapura seperti dikutip Antara, Sabtu (2/5).

Yang disampaikan Firdy Permana, Public Health Manager dari International SOS rekan mitra Freeport dalam penanganan kesehatan karyawan PTFI, menyatakan bahwa pihaknya telah dengan cepat mengidentifikasi kasus-kasus Covid-19 yang baru.

“Dari pelacakan (tracking) dan pengawasan (surveillance) melalui rapid test dan PCR test yang kami lakukan, telah mampu dengan cepat mengindentifikasi kasus-kasus baru yang memberikan optimisme dari segala upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar Firdy.

Dia juga menambahkan, Freeport telah menambah pasokan alat-alat medis seperti alat perlindungan diri dan ventilator, serta menyiapkan ruang karantina dan isolasi di rumah sakit, klinik, maupun sejumlah barak karyawan yang direlokasi menjadi area monitoring selama masa pandemi.

Lanjut Raynold, managemen PT Freeport sudah menyediakan tempat khusus untuk isolasi bagi karyawan yang positif maupun yang masuk kategori pasien dalam pengawasan (PDP). “Memang saat ini sudah ada tempat isolasi di mana mereka yang positif dan masuk kategori PDP diisolasi,” Kata Raynold.

Untuk sejauh ini, Raynold mengaku belum bisa memastikan apakah yang terpapar virus Corona seluruhnya adalah karyawan PT Freeport. Yang pasti, berdasarkan laporan, mereka yang positif Covid-19 baik yang dirawat di RS Tembagapura maupun menjalani isolasi mandiri terdiri atas karyawan PT Freeport maupun karyawan subkontraktor.

Terkait hal ini, secara terpisah juru bicara PT Freeport Reza Pratama mengaku bahwa ada beberapa karyawan yang dinyatakan positif terpapar Covid-19. Akan tetapi, sejauh ini masalah itu tidak mempengaruhi operasional PT Feeport.

“Walaupun kami terus memonitor situasi dan keadaan selama masa pandemi Covid-19 PT FI selalu berkoordinasi dan memberikan ‘update’ kepada Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Mimika atas kondisi perusahaan,” kata dia.

Sumber : Freeport, Mimika

Editor : IS

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close