Berita

Penghalangan Jalan Oleh Warga di Distrik Sorong Barat

Sorong, jarrakpospapua.com – Pada hari Minggu tanggal 03 Mei 2020 Pukul 10.05 WIT, di Simpang Empat Jl. Samratulangi Komplek Surya Kel. Cendrawasih, Distrik Sorong Barat Kota Sorong telah terjadi pemalangan jalan yang dilakukan oleh massa dari pihak keluarga dan warga kompleks Surya pasca meninggalnya Alm. Sefio Rahakmetan berusia 38 Tahun, Suku Key, K. Khatolik, pekerjaan Satpam, yang beralamat di Komplek Surya Kel. Cendrawasih, Distrik Sorong Barat. Akibat perkelahian di dekat Halte samping Masjid Al Jihad Jln. A. Yani Kel. Malabutor, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong pada pukul 04.00 WIT.

Adapun kronologis kejadian seperti ini :

– Pada pukul 03.55 WIT. Alm. Safio Rahakmetan dari arah Ramayana kembali ke Rumahnya dipanggil oleh sekelompok pemuda yang ada diparkiran halte Samping Masjid Aljihad Kota Sorong.

Antara pukul 04.00 WIT. Terjadi perkelahian antara Alm. Safio Rahakmetan dengan sekelompok pemuda tersebut yang mengakibatkan Alm meninggal dunia ditempat.

Pukul 04.30 WIT. Alm. Safio Rahakmetan di bawah ke RS. Selebesolu KM.12 oleh pihak Kepolisian dari Polres Sorong Kota menggunakan mobil Ambulance RS. Selebesolu Kota Sorong.

4. Pukul 04.50 WIT. Jenazah Alm Safio Rahakmetan tiba di RS Sele Be Solu untuk dilakukan pemeriksaan Medis/Otopsi.

Pukul 09.30 WIT Saat jenazah Alm. Sefio Rahakmetan dibawa dari RSUD Selebesolu menuju rumah duka untuk disemanyamkan massa yang ikut dalam konvoi pengantaran jenazah sempat melakukan pengerusakan halte yang berada di TKP depan Masjid Al Jihad.

6. Pukul 09.50 WIT. Jenasah Alm. Sefio Rahakmetan tiba di rumah duka Kompleks Surya untuk semayamkan.

7. Pukul 10.05 WIT Massa dari pihak keluarga dan warga kompleks surya melakukan pemalangan di Simpang Empat Jln. Samratulangi Kel. Cendrawasih, Distrik Sorong Barat, Kota Sorong.

8. Pukul 10.15 WIT, Aparat Keamanan di dari Kepolisian Polsek Sorong Barat dan Koramil Sorong Barat tiba dilokasi untuk melakukan pengamanan.

9. Pukul 12.30 WIT, Aparat keamanan masih standby di lokasi.

10. Pukul 13.00 WIT, masa berangsur-angsur membubarkan diri dan kembali ke Rumah duka dan sebagian masih berkumpul di pangkalan ojek jl. Samratulangi.

11. Pukul 13.25 WIT, situasi Jl. Samratulangi rawan terkendali.

Catatan dari aksi ini

a. Aksi pemalangan yang dilakukan oleh pihak keluarga korban dan warga komplek Surya merupakan aksi tidak terima atas meninggalnya Alm Safio Rahakmetan akibat perkelahian dengan OTK di halte samping masjid Al-Jihad.

b. Untuk mengantisipasi provokasi-provokasi yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab kepada keluarga korban dan warga Suku key untuk melakukan aksi balas dendam kepada pemuda di sekitaran tempat kejadian, perlunya Aparat Keamanan melakukan pendekatan secara persuasif kepada tokoh adat, agama dan kepala Suku Key terutama pihak keluarga korban untuk memberikan pemahaman agar permasalahan tersebut ditangani/diserahkan kepada pihak berwajib.

c. Perlu diwaspadai terhadap rombongan iring-iringan pemakaman jenazah oleh warga Suku Key dijalan menuju pemakaman akan melakukan tindakan anarkis disekitar TKP.

d. Untuk pemakaman Alm. Safio Rahakmetan masih menunggu dari pihak keluarga.

 

EL’89

Editor : IS

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close